Ini 10 Kanal Youtube tentang Film Buat Kamu yang Suka Nonton

Buat kamu yang suka melihat film lebih dalam daripada hanya sekadar tontonan hiburan, boleh coba nonton 10 kanal Youtube tentang film berikut ini!

Ini 10 Kanal Youtube tentang Film Buat Kamu yang Suka Nonton

Ini 10 Kanal Youtube tentang Film Buat Kamu yang Suka Nonton Sumber: Youtube/Channel Criswell[/caption]

Buat kamu yang suka melihat film lebih dalam daripada hanya sekadar tontonan hiburan, boleh coba nonton 10 kanal YouTube tentang film berikut ini!

YouTube bikin sarana menilai film tidak hanya sekadar lewat tulisan di majalah atau situs bacaan saja, tetapi juga bisa secara langsung lewat video. Video memungkinkan pembuatnya menganalisis film dengan mencantumkan cuplikannya langsung.

[duniaku_baca_juga]

10 kanal YouTube tentang film di bawah ini semuanya berasal dari luar negeri. Jadi, bahasa yang dipakai adalah bahasa Inggris. Tetapi tenang saja, sebagian besar dari video-video dalam kanal berikut ini juga berbaik hati melampirkan subtitle. Jika ada yang tak melampirkan subtitle, Youtube sudah punya fasilitas subtitle otomatis.

Tanpa perlu berpanjang-panjang lagi, inilah 10 kanal Youtube tentang film buat kamu yang ngakunya suka nonton!

[page_break no="1" title="Nerdwriter1"]

Nerdwriter1 adalah salah satu dari 10 kanal YouTube tentang film yang paling populer bagi penonton awam.

Spesialisasi dari youtuber bernama Evan Puschak ini adalah video esai. Dengan video rata-rata berdurasi 6-7 menit, Nerdwriter1 sering membahas satu topik yang menarik dari suatu film. Contohnya adalah video di atas, di mana ia membahas bagaimana serial Sherlock (2010— ) menggambarkan pikiran para tokohnya menjadi visual secara genius.

Tidak hanya membahas topik dari satu film, Nerdwriter1 cukup sering mencomot poin-poin penting dari kultur pop dunia, khususnya film. Salah satunya adalah video di bawah yang membahas dari mana asal mulanya tema perjalanan menembus waktu sehingga dapat menjadi salah satu tema fiksi-sains paling populer hingga sekarang.

Sayangnya, Nerdwriter1 cukup sering memaksakan detail-detail kecil nan kurang penting dalam film dan membuatnya terlihat begitu penting. Terlepas dari itu, dengan dukungan teknik editing yang rapi dan menarik perhatian, Nerdwriter1 mampu memuaskan 1,8 juta subscriber-nya (terhitung 7 November 2017).

[page_break no="2" title="Every Frame a Painting"]

Sejauh ini, belum ada kanal YouTube dengan video esai tentang film yang dikerjakan sebaik Every Frame a Painting. Banyak kanal video esai lain yang dengan rendah hati merujuk pada kanal YouTube ini sebagai referensi, termasuk Nerdwriter1.

Every Frame a Painting dikerjakan oleh Tony Zhou, orang Kanada yang juga berprofesi sebagai editor film. Oleh karena dia memang seorang profesional, tidak heran jika video-video esainya dibuat dengan teknik editing yang rapi dan cara penyampaiannya yang mudah dimengerti.

Tony mengaku membutuhkan rata-rata waktu dua minggu untuk riset dan satu hari penuh editing untuk membuat hanya satu video berdurasi tak sampai 10 menit. Jadi kebayang bagaimana totalitas blio untuk menyajikan karya-karyanya: seperti sebuah lukisan.

Spesialisasi utama Every Frame a Painting adalah video esai. Ia sering menganalisis persamaan gaya dari tokoh-tokoh perfilman dunia, seperti Edgar Wright, Steven Spielberg, hingga bagaimana uniknya Jackie Chan bisa menguasai dunia dengan film aksi-komedinya seperti di atas.

Kekurangannya kanal YouTube ini cuma satu: ia jarang sekali mengunggah video terbaru.

[page_break no="3" title="kaptainkristian"]

Tidak hanya Nerdwriter1 dan Every Frame a Painting, salah satu dari 10 kanal YouTube tentang film lain yang paten dalam soal editing adalah kaptainkristian. Bedanya, ia sangat baik dalam menggunakan visual effect demi membuat video esainya menarik untuk ditonton.

Selain itu, Kristian Williams, nama di balik kanal ini, juga menyusun analisisnya secara terstruktur rapi. Ia juga tak hanya membahas soal film, tapi juga menyentuh topik lain seperti anime dan musik.

[page_break no="4" title="Lessons from the Screenplay"]

Seperti namanya, kanal YouTube ini memiliki spesialisasi di bidang naskah film. Ia biasanya menganalisis dan menilai baik buruknya film dari naskah yang ditulis. Jadi buat kamu yang punya niat menjadi penulis naskah (atau penulis cerita pada umumnya), Lessons from Screenplay adalah saluran sempurna.

Kalau kamu membayangkan konten kanal ini pasti berat karena membahas teknik tulisan, kamu salah besar. Lihat dalam video di atas bagaimana Michael Tucker, nama si pembuat kanal membedah film Gone Girl (2014) yang menurutnya punya naskah brilian.

[page_break no="5" title="Channel Criswell"]

Channel Criswell boleh dibilang adalah salah satu dari 10 kanal YouTube tentang film yang paling kalem dari rekan-rekannya di atas. Spesialisasi dari Lewis Bond, pemilik kanal ini adalah video esai. Cara berceritanya yang lembut berpadu dengan soundtrack musik klasik dan pembahasan yang mendalam sering membikin penonton tertegun betapa emosionalnya Lewis dalam memahami seni film.

Lihat saja video esainya tentang Hayao Miyazaki di atas. Dalam 17 menit, ia menjelaskan dengan woles bagaimana maestro animasi dari Jepang tersebut meracik film dengan tema-tema kemanusiaan yang kuat.

Kelebihan Channel Criswell datang dengan kekurangan. Oleh karena gaya berceritanya yang kalem dan lembut serta videonya yang sampai belasan menit, seringkali membuat penonton mengantuk.


Lho, ini spesialisasinya kok video esai melulu? Tenang, di halaman selanjutnya juga ada kanal Youtube tentang film dari segi teknis.

[page_break no="6" title="RocketJump Film School"]

RJ Film School adalah kanal YouTube yang banyak membahas tutorial, tips & trick, serta peralatan (seperti kamera) tentang bagaimana membuat film bagi pemula. Berawal dari lingkungan pertemanan, Freddie Wong dkk. membuat kanal ini layaknya kuliah film.

Buat kamu yang tidak begitu tertarik menjadi filmmaker, tenang saja, sebab kanal ini menjelaskan konten videonya dengan jelas dan ramah sehingga penonton awam pun masih bisa mengerti.

Coba tonton video mereka yang membahas pengenalan cuts dan transition bagi pemula di atas.

Kalau kamu suka RJ Film School, silakan cek kanal lain yang setipe: Film Riot.

[page_break no="7" title="Crash Course"]

Sesuai namanya, Course, kanal ini bertindak seperti kursus lewat YouTube, dan tentu saja ada sosok pengajarnya. Selain film, kanal ini juga membahas topik lain seperti komputer, sejarah, hingga filosofi. Tapi simpan dulu topik lain kalau kamu tertarik dan mulailah menonton kursus mereka tentang film

Dimulai dari penjelasan sejarah film dunia yang dibawakan secara humoris dengan animasi, Crash Course kemudian melanjutkan kursusnya dengan mengajar deskripsi kerja kru film. Jadi kalau kamu penasaran apa sebenarnya tugas sutradara dan produser itu, kanal YouTube ini boleh jadi jawabannya.

[page_break no="8" title="Now You See It"]

FYI aja, kanal ini enggak ada hubungannya dengan film Now You See Me (2013). Kanal yang diampu seorang mahasiswa bernama Jack Nugent ini sebenarnya lebih mirip seperti Channel Criswell. Keduanya mengeksplorasi teknik-teknik film yang dipakai dan hubungannya dengan tema yang dibawa.

Dari namanya, Now You See It menawarkan video-video yang dapat memandu kita untuk melihat pola dari sekian banyak teknik yang dipakai di film-film. Harapan Jack, kita akhirnya bisa melihat hal tersebut dan harapannya memang terkabul.

Contoh saja video tentang bagaimana bentuk bulat, segitiga, dan persegi dalam film mewakili sifat-sifat tertentu yang ternyata sudah tertanam dalam alam bawah sadar kita. Now you see it!

[page_break no="9" title="CineFix"]

Dikelola secara tim, CineFix punya banyak sekali rubrik yang bisa ditawarkan kanal Youtube tentang film, dari mulai rekomendasi film (Movie Lists), fakta tersembunyi (Things You Didn’t Know), hingga yang paling menarik: bagaimana adegan ikonik dibuat (Art of the Scene).

Dalam Art of the Scene ini, CineFix menggali lebih dalam bagaimana adegan-adegan ikonik dunia film diproduksi. Kalau kamu penasaran dengan bagaimana adegan lorong yang berputar di film Inception dibuat, simak videonya di atas.

[page_break no="10" title="Chris Stuckmann"]

Nomor terakhir dalam 10 kanal YouTube tentang film diberikan untuk kanal Chris Stuckmann. Seorang reviewer bersertifikat Rotten Tomatoes ini rajin mengunggah review-review-nya di kanal ini.

Dibawakan dengan santai dan to the point, Chris Stuckmann adalah reviewer handal sekaligus juga menjaga kualitas video sesederhana mungkin namun tetap rapi agar enak ditonton. Simak salah satu review-nya dalam video di atas.

[read_more id="301709"]


Demikianlah 10 kanal YouTube tentang film yang bisa kamu coba ikuti jika kamu suka nonton film. Ada kanal YouTube lain yang bisa kamu rekomendasikan? Atau ada kanal yang kamu suka dari 10 nomor di atas? Sampaikan di kolom komentar!

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU